Gumilar, Restu Syawa (2025) Pengaruh manajemen media sosial terhadap popularitas pondok pesantren di kalangan generasi Z : Penelitian di pondok pesantren mahasiswa se- Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Media sosial menjadi salah satu kunci untuk meraih kepopularitasan Pondok Pesantren mahasiswa di era digital saat ini. namun masih terdapat kendala dalam pengelolaannya. Lemahnya struktur manajemen media sosial menjadi hambatan serius, banyak Pondok Pesantren menjalankan aktivitas digital secara sporadis tanpa adanya tim atau sistem pengelolaan formal. Berdasarkan sumber temuan lapangan peneliti, beberapa Pondok Pesantren mahasiswa di wilayah Bandung Timur menunjukkan bahwa meskipun pesantren aktif memanfaatkan media sosial, performa keterlibatan pengguna (engagement rate) masih tergolong rendah. Rata-rata engagement rate media sosial dari enam pondok pesantren yang diteliti hanya sebesar 3,75%. Penelitian ini bertujuan: 1) mengungkap skor variabel manajemen media sosial di Pondok Pesantren mahasiswa se- Bandung Timur; 2) mengungkap skor variabel popularitas Pondok Pesantren mahasiswa di kalangan generasi Z; 3) menunjukkan skor penyebab manajemen media sosial berpengaruh terhadap popularitas Pondok Pesantren mahasiswa di kalangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 2.436 santri generasi Z, dengan sampel sebanyak 96 orang yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data mencakup uji normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata validitas variabel X 3,08 dan variabel Y 2,94, keduanya dalam kategori cukup. Manajemen media sosial teruji memiliki pengaruh yang signifikan terhadap popularitas Pondok Pesantren. Uji regresi dan uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,777, yang berarti hubungan antar variabel bersifat positif dan kuat. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,607 menunjukkan bahwa 60,7% perubahan popularitas Pondok Pesantren dipengaru hi oleh manajemen media sosial, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini mempertegas bahwa strategi digital yang terstruktur dan dikelola dengan baik dapat meningkatkan daya tarik pondok pesantren di mata generasi muda. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan komunikasi digital dalam lembaga pendidikan Islam serta sebagai acuan praktis bagi pengelola pesantren dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Pondok Pesantren; Generasi Z; |
Subjects: | Education General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | restu syawa gumilar |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:11 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |