Hidayat, Agny Nurafifah (2025) Penerapan media pembelajaran PhET simulation pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan representasi: Penelitian di SMPN 1 Sagalaherang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan representasi matematis memiliki peran penting dalam membantu peserta didik memahami konsep serta menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini didasari oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan media PhET Simulation; (b) peningkatan kemampuan representasi matematis; (c) pencapaian kemampuan representasi matematis; dan (d) respons peserta didik terhadap media tersebut. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sagalaherang tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri atas 11 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIII K sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan representasi matematis yang telah memenuhi kriteria validitas tinggi, lembar observasi, dan skala respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan media PhET Simulation termasuk kategori baik; (b) peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (c) pencapaian kemampuan representasi matematis peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; dan (d) respons peserta didik terhadap penggunaan media PhET Simulation berada dalam kategori positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PhET Simulation; Kemampuan Representasi Matematis; Respon; |
Subjects: | Education > Statistic of Education Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agny Nurafifah Hidayat |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |