Penerapan media pembelajaran PhET simulation pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan representasi: Penelitian di SMPN 1 Sagalaherang

Hidayat, Agny Nurafifah (2025) Penerapan media pembelajaran PhET simulation pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan representasi: Penelitian di SMPN 1 Sagalaherang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis memiliki peran penting dalam membantu peserta didik memahami konsep serta menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini didasari oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan media PhET Simulation; (b) peningkatan kemampuan representasi matematis; (c) pencapaian kemampuan representasi matematis; dan (d) respons peserta didik terhadap media tersebut. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sagalaherang tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri atas 11 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIII K sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan representasi matematis yang telah memenuhi kriteria validitas tinggi, lembar observasi, dan skala respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan media PhET Simulation termasuk kategori baik; (b) peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (c) pencapaian kemampuan representasi matematis peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; dan (d) respons peserta didik terhadap penggunaan media PhET Simulation berada dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PhET Simulation; Kemampuan Representasi Matematis; Respon;
Subjects: Education > Statistic of Education
Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Agny Nurafifah Hidayat
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:59
Last Modified: 12 Aug 2025 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114646

Actions (login required)

View Item View Item