Agustina, Haifa Fadillah (2025) Respon terhadap penerapan metode talaqqi dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Lumbung Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (695kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode talaqqi yang telah dilaksanakan secara optimal di SMPN 1 Lumbung Kabupaten Ciamis. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif dan aktif dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan wawancara dengan guru, masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, seperti belum mampu membedakan bacaan panjang pendek, belum menguasai makharijul huruf, dan belum memahami aturan bacaan Al-Qur’an secara mendalam. Kesenjangan antara respon positif siswa dan kemampuan membaca Al-Qur’an yang belum optimal inilah yang mendorong penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap penerapan metode talaqqi, (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dan (3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan metode talaqqi dengan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMPN 1 Lumbung Kabupaten Ciamis. Kerangka berpikir penelitian ini merujuk pada teori behavioristik, di mana metode talaqqi sebagai stimulus melalui tahapan mendengarkan, menirukan, koreksi, dan pengulangan diharapkan membentuk respon berupa kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik. Berdasarkan hal tersebut, diajukan hipotesis bahwa diduga terdapat hubungan positif dan signifikan antara respon siswa terhadap metode talaqqi dan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 81 siswa kelas VIII SMPN 1 Lumbung. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur respon siswa terhadap metode talaqqi dan tes membaca Al-Qur’an untuk menilai kemampuan siswa membaca Al-Qur’an. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif yang meliputi analisis parsial dan analisis korelasi, berisi: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, korelasi product moment, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Respon siswa terhadap penerapan metode talaqqi berada pada kategori positif dengan rata-rata skor 3,46, (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 81,45, dan (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara respon siswa terhadap penerapan metode talaqqi dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, yang ditunjukkan oleh: a) koefisien korelasi sebesar 0,944 kategori sangat kuat, b) hipotesisnya diterima berdasarkan thitung (27,6) > ttabel (1,66) artinya semakin positif respon siswa terhadap metode talaqqi maka semakin baik pula kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an dan c) pengaruh variabel pertama terhadap variabel kedua sebesar 89,11%. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengoptimalkan metode talaqqi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di sekolah menengah pertama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | respon siswa; metode talaqqi; kemampuan membaca al-qur'an; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Haifa Fadillah Agustina |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |