Effendi, Silma Mazia (2025) Penerapan metode Yanbu’a Berbasis ‘Ardul Qiraah wal Kitabah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Pre Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa. Hal ini berdasarkan studi pendahuluan dengan melakukan wawancara kepada salah satu guru mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang bisa digunakan adalah metode Yanbu’a. Penerapan metode ini di sekolah umum masih tergolong minim dan belum banyak dikaji secara empiris. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji penerapan metode Yanbu’a di lingkungan sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode Yanbu’a berbasis ‘Ardul Qiraah wal Kitabah, (2) kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ), dan (3) pengaruh penerapan metode Yanbu’a berbasis ‘Ardul Qiraah wal Kitabah terhadap kemampuan BTQ siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan baca tulis Al-Qur’an salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode Yanbu’a. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: penerapan metode Yanbu’a berbasis ‘Ardul Qiraah wal Kitabah diduga dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif dengan melakukan uji normalitas, uji hipotesis, dan pengujian effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Yanbu’a berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mencapai rata-rata keterlaksanaan 93% dan aktivitas siswa 92,77%. (2) kemampuan BTQ siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan rata-rata nilai pretest sebesar 62,89 meningkat menjadi 81,42 pada posttest. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 36,11% menjadi 88,88%. (3) pengaruh penerapan metode Yanbu’a berbasis ‘Ardul Qiraah wal Kitabah terhadap kemampuan BTQ ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t-test menunjukkan signifikansi < 0,05 yaitu 0,001 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan metode terhadap kemampuan BTQ siswa. Kemudian dikuatkan dengan Nilai effect size (Cohen’s d) berada dalam kategori besar yaitu 3,378, menunjukkan pengaruh praktis yang kuat. Dapat disimpulkan bahwa metode Yanbu’a berbasis ‘Arḍul Qiraah wal Kitabah efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Yanbu’a; ‘Arḍul Qiraah wal Kitabah; Baca Tulis Al-Qur’an; Pendidikan Agama Islam; SMA |
Subjects: | Knowledge Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Silma Mazia Effendi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |