Aktivitas siswa mengikuti program proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil A’lamin hubungannya dengan karakter religius peserta didik: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Assalam Jatihandap Bandung

Nurkholis, Ahmad Faqih (2025) Aktivitas siswa mengikuti program proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil A’lamin hubungannya dengan karakter religius peserta didik: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Assalam Jatihandap Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
01. Cover

Download (224kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02. Abstrak

Download (242kB)
[img] Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
03. Pernyataan Karya Sendiri

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
04. Daftar Isi

Download (290kB)
[img] Text (BAB I)
05. Bab 1

Download (448kB)
[img] Text (BAB II)
06. Bab 2
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
07. Bab 3
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
08. Bab 4
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
09. Bab 5
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Faqih Nurkholis, 1212020008, 2025 “Aktivitas Siswa Mengikuti Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin Hubungannya Dengan Karakter Religius Peserta Didik.”Pelaksaaan dari Proyek Penguatan Profil Pancasila dan Profil Pelajar rahmatan Lil’alamin telah berjalan Akan tetapi persoalan munculselama kegiatan berlangsung, beberapa siswa menunjukkan peningkatan dalam aspek religiusitas, seperti rajin beribadah, bersikap sopan, dan menunjukkan kepedulian sosial, tetapi sebagian lainnya belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini memunculkan keprihatinan sekaligus dorongan untuk mengevaluasi sejauh mana kegiatan P5RA telah berkontribusi terhadap penguatan karakter religius siswa. Faktor-faktor seperti metode pelaksanaan, keterlibatan guru, dukungan lingkungan sekolah, serta motivasi internal siswa menjadi variabel penting yang perlu dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui lebih mendalam mengenai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) di kelas VIII MTs PPQ Assalam Jatihandap, Bandung; (2) tingkat karakter religius peserta didik kelas VIII MTs Assalam Jatihandap,Bandung; (3) Efektifitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) dalam meningkatkan pendidikan karakter peserta didik dikelas VIII MTs Assalam Jatihandap, Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori konstrukstivisme yang digagas oleh oleh Ley Vygotsky menyatakan bahwa dalam konteks pembelajaran, aktivitas siswa yang bersifat kolaboratif dan kontekstual membantu pembentukan pengetahuan dan sikap. Konstruktivisme sosial memandang setiap peserta didik sebagai individu yang unik dengan kebutuhan dan latar belakang yang unik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakuka dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif denga melakukan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas Siswa Dalam Mengikuti Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin berkategori tinggi dengan rata-rata nilai 3,90 berada pada interval 3,40 4,19; (2) Karakter religius siswa berkategori sangat dengan rata-rata nilai 4,30 karena berda pada interval 4,20-5,00; (3) Koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut sebesar 0,670 dengan kualifikasi korelasi kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Nilai t-hitung 7,600 dan t-tabel 1,667 pada taraf signifikan 0,001 hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima karena nilai t-hitung > t-tabel. Besar pengaruh pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 45% dengan demikian terdapat 55% faktor lainnya yang dapat mempengaruhi karakter religius. Kata kunci : Aktivitas, Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin, Karakter Religius
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Faqih Nurkholis
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:46
Last Modified: 14 Aug 2025 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115002

Actions (login required)

View Item View Item