Implementasi model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) berbantuan heyzine untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self persistence matematis siswa

Rizki, Ria Setiani Habbinnur (2025) Implementasi model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) berbantuan heyzine untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self persistence matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah yang masih perlu perhatian menjadi latar belakang dari penelitian ini, karena itu perlu adanya solusi yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (Jucama) berbantuan Heyzine. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Bandung dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Bandung dengan kelas XI D1, XI D2, dan XI E1 dengan masing masing kelas berjumlah 37 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya: a) Desain dan rancangan model pembelajaran Jucama berupa e-LKPD berbantuan Heyzine yang layak digunakan dengan kriteria sangat valid dan respon siswa yang cukup menguasai dalam materi transformasi geometri; b) Proses keterlaksanaan aktivitas pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik; c) Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siswa yang memperoleh pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Jucama; d) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah antara siswa dengan model pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine, pembelajaran Jucama dan pembelajaran konvensional; e) Tidak terdapat perbedaan peningkatan self persistence matematis antara siswa dengan model pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine dengan pembelajaran Jucama; f) Sebagian kecil siswa mengalami hambatan dan kesulitan pada saat pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Heyzine; Jucama; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ria Setiani Habbinnur
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:00
Last Modified: 14 Aug 2025 07:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115048

Actions (login required)

View Item View Item