Rizki, Ria Setiani Habbinnur (2025) Implementasi model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) berbantuan heyzine untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self persistence matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (651kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan Pemecahan Masalah yang masih perlu perhatian menjadi latar belakang dari penelitian ini, karena itu perlu adanya solusi yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (Jucama) berbantuan Heyzine. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Bandung dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Bandung dengan kelas XI D1, XI D2, dan XI E1 dengan masing masing kelas berjumlah 37 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya: a) Desain dan rancangan model pembelajaran Jucama berupa e-LKPD berbantuan Heyzine yang layak digunakan dengan kriteria sangat valid dan respon siswa yang cukup menguasai dalam materi transformasi geometri; b) Proses keterlaksanaan aktivitas pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik; c) Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siswa yang memperoleh pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Jucama; d) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah antara siswa dengan model pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine, pembelajaran Jucama dan pembelajaran konvensional; e) Tidak terdapat perbedaan peningkatan self persistence matematis antara siswa dengan model pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine dengan pembelajaran Jucama; f) Sebagian kecil siswa mengalami hambatan dan kesulitan pada saat pembelajaran Jucama berbantuan Heyzine
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Heyzine; Jucama; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ria Setiani Habbinnur |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |