Penerapan metode ummi berbasis media audio-visual untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Surat An-Naba' ayat 1-20 : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung

Supyan, Salam Rahmat Fauzi (2025) Penerapan metode ummi berbasis media audio-visual untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Surat An-Naba' ayat 1-20 : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di angkat dari rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung, khususnya dalam hal ketepatan tajwid, makhraj, kelancaran, serta adab membaca. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dinilai kurang menarik dan belum mampu memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami bacaan Al-Qur’an secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode yang lebih efektif dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses penerapan Metode Ummi berbasis Audio-Visual pada materi Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1–20, (2) kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 sebelum dan sesudah perlakuan, (3) pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, menggunakan model Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes lisan (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses penerapan Metode Ummi berbasis media Audio-Visual hasil observasi yang telah dilakukan menunjukan presentase 90% terlaksana. (2) kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 59,5 menjadi 82, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 50,6 menjadi 68, maka ada perubahan yang signifikan. (3) pengaruh penerapan metode Ummi berbasis media Audio-Visual untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 dapat di lihat dari hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi ; Audio-Visual ; Membaca Al-Qur’an ; Tajwid ; Surat An-Naba
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salam Rahmat supyan
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:05
Last Modified: 20 Aug 2025 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115473

Actions (login required)

View Item View Item