Supyan, Salam Rahmat Fauzi (2025) Penerapan metode ummi berbasis media audio-visual untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Surat An-Naba' ayat 1-20 : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (591kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini di angkat dari rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung, khususnya dalam hal ketepatan tajwid, makhraj, kelancaran, serta adab membaca. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dinilai kurang menarik dan belum mampu memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami bacaan Al-Qur’an secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode yang lebih efektif dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses penerapan Metode Ummi berbasis Audio-Visual pada materi Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1–20, (2) kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 sebelum dan sesudah perlakuan, (3) pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, menggunakan model Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes lisan (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses penerapan Metode Ummi berbasis media Audio-Visual hasil observasi yang telah dilakukan menunjukan presentase 90% terlaksana. (2) kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 59,5 menjadi 82, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 50,6 menjadi 68, maka ada perubahan yang signifikan. (3) pengaruh penerapan metode Ummi berbasis media Audio-Visual untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an surat An-Naba’ ayat 1-20 dapat di lihat dari hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi ; Audio-Visual ; Membaca Al-Qur’an ; Tajwid ; Surat An-Naba |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Salam Rahmat supyan |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |