Nurhayati, Ai (2018) Penerapan pembelajaran berbasis masalah Menggunakan e-module korosi Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Media yang digunakan dalam pembelajaran dibutuhkan sebagai upaya alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis masalah menggunakan e-module korosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Metode yang digunakan pre experiment dengan subjek penelitian sebanyak 38 mahasiswa Pendidikan Kimia semester II. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas mahasiswa selama pembelajaran, kemampuan menyelesaikan lembar kerja (LK) berbasis masalah, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Hasil keterlaksanaan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran rata-rata 87% dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan LK yaitu 87 dengan kategori sangat baik, dan nilai n-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa sebesar 0,637 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil yang diperoleh disebabkan karena bahan ajar berupa e-module berperan dalam mengaktifkan proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berbasis masalah menggunakan e-module korosi dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir tingkat tinggi, e-module, korosi, pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment Instruments > Electronic Instrument |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 09:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 09:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
View Item |