Yulia, Ratna (2024) Pengaruh penerapan metode drill pada mata pelajaran BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP Plus Al-Aitaam Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (5).pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (568kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran BTQ, sekitar 65% siswa belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah hukum tajwid. Hal ini menunjukkan perlunya metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Metode Drill menjadi salah satu metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui penerapan metode drill dalam mata pelajaran BTQ di SMP Plus Al-Aitaam, 2) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam mata pelajaran BTQ di SMP Plus Al-Aitaam, 3) mengetahui pengaruh penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran BTQ di SMP Plus Al-Aitaam. Penilitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa salahsatunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin baik atau efektif metode pembelajaran yang digunakan semakin baik pula kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test (pretest dan posttest) dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik parametrik uji paired t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penerapan metode drill dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, pelaksanaannya berjalan dengan lancar siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, 2) kemampuan membaca Al-Qur’an dilihat dari hasil pretetst dan posttest. Rata-rata nilai pretest kelas kontrol (VII A) yaitu sebesar 67.13 dengan nilai minimum 55 dan maksimum 80. Kelas eksperimen (VII B) yaitu sebesar 62.87 dengan nilai minimum 55 dan maksimum 77. Rata-rata nilai posttest kelas kontrol (VII A) sebesar 68.8 dengan nilai minimum 55 dan maksimum 80, kelas eksperimen (VII B) meningkat lebih besar, yaitu 75.37 dengan nilai minimum 65 dan maksimum 88. 3) pengaruh penerapan dianalisis menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji paired t-test, didapati nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menandakan adanya pengaruh penerapan metode dill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill; BTQ; kemampuan membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratna Yuli Ratna Yulia |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 02:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |