Penerapan pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Meilani, Imas (2025) Penerapan pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT ORISINALITAS)
Surat Orisinalitas.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan pendekatan joyful learning berbantuan wordwall dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen tipe nonequivalent pretest-posttest control group. Sampel terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan joyful learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan joyful learning berbantuan wordwall berlangsung sangat baik dan melibatkan aktivitas siswa serta guru secara optimal. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bahw terdapat perbandingan yang signifikan antara kedua kelas dalam hal peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Selain itu, umumnya siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan joyful learning berbantuan wordwall lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Joyful Learning, Wordwall
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Imas Meilani
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:16
Last Modified: 25 Aug 2025 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115918

Actions (login required)

View Item View Item