Meilani, Imas (2025) Penerapan pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT ORISINALITAS)
Surat Orisinalitas.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (674kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan pendekatan joyful learning berbantuan wordwall dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen tipe nonequivalent pretest-posttest control group. Sampel terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan joyful learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan joyful learning berbantuan wordwall berlangsung sangat baik dan melibatkan aktivitas siswa serta guru secara optimal. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bahw terdapat perbandingan yang signifikan antara kedua kelas dalam hal peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Selain itu, umumnya siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan joyful learning berbantuan wordwall lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Joyful Learning, Wordwall |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Imas Meilani |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:16 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |