Penerapan E-Book berbasis interaktif pada mata pelajaran IPS materi daerah kebanggaanku untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Arenjaya VIII

Meinisa, Suri (2025) Penerapan E-Book berbasis interaktif pada mata pelajaran IPS materi daerah kebanggaanku untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Arenjaya VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya kemampuan pemahaman siswa kelas V SDN Arenjaya VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan bervariasi. Selain itu, proses pembelajaran yang kurang bervariasi membuat siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, penerapan media pembelajaran e-book berbasis interaktif diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran e-book berbasis interaktif dan bagaimana proses penerapan media e-book berbasis interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN Arenjaya VIII Bekasi. Media e-book adalah bahan bacaan digital yang berisi kata dan gambar, berbentuk teks dalam format digital atau file komputer. Kemampuan pemahaman adalah kemampuan individu dalam memahami sesuatu setelah mengetahuinya dan mengingatnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak dua pertemuan. Jenis data peda penelitian ini yaitu jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan pemahaman siswa kelas V SDN Arenjaya VIII sebelum menggunakan media e-book berbasis interaktif hanya 5 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 61 dan nilai ketuntasan klasikal 31%. Penerapan media pembelajaran e-book pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil observasi aktivitas guru secara berturut-turut pada siklus I dan II diperoleh persentase sebesar 85,5% yang memiliki arti bahwa pengamatan guru telah terlaksana dengan baik. Adapun hasil observasi siswa secara berturut-turut mengalami peningkatan dengan perolehan pada siklus I sebesar 67% dengan kategori baik, dan siklus II 85% dengan kategori sangat baik. Terjadinya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dilihat dari perolehan nilai rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 80, dan siklus II 88. Ketuntasan Klasikal kemampuan pemahaman siswa pada siklus I sebesar 69% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II 85,5% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-book Interaktif; Pemahaman Siswa; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS);
Subjects: Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meinisa Suri
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:35
Last Modified: 26 Aug 2025 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115947

Actions (login required)

View Item View Item