Murobbi, Imam (2025) Crowdfunding melalui penggunaan media sosial: Penelitian dalam program pemberdayaan ekonomi di Sajiwa Foundation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi digital yang pesat telah mengubah pola interaksi sosial dan metode penggalangan dana. Di tengah dominasi media sosial, praktik crowdfunding mulai menggantikan metode fundraising konvensional. Namun, di Indonesia, masih banyak organisasi sosial yang bergantung pada cara tradisional dalam menghimpun dana. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas penggunaan media sosial dalam mekanisme crowdfunding, khususnya dalam konteks pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti yang dilakukan oleh Sajiwa Foundation. Fokus utama penelitian ini mengkaji dan menganalisis secara mendalam peran Sajiwa Foundation dalam memanfaatkan media sosial untuk praktik crowdfunding, yang terintegrasi sebagai bagian esensial dari strategi pemberdayaan ekonominya. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi latar belakang penggunaan media sosial, bentuk pemanfaatan media tersebut, serta dampak yang ditimbulkan dari kegiatan crowdfunding terhadap masyarakat sasaran. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori modernisasi dari Alex Inkeles dan David H. Smith serta teori pemberdayaan masyarakat. Teori modernisasi menjelaskan perubahan perilaku dan pola pikir individu sebagai respons terhadap perubahan sosial berbasis teknologi, sementara teori pemberdayaan digunakan untuk memahami bagaimana crowdfunding dapat meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat secara mandiri. Metodologi penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian terdiri dari pengelola Sajiwa Foundation, donatur, serta penerima manfaat program. Analisis data dilakukan secara tematik melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengidentifikasi pola dan makna dari proses serta dampak crowdfunding melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sajiwa Foundation menggunakan media sosial sebagai strategi utama dalam crowdfunding karena mampu menjangkau donatur secara luas dan cepat. Pemanfaatan fitur-fitur media sosial terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi publik dan perolehan dana. Crowdfunding yang dilakukan berdampak nyata terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kemandirian dan kapasitas usaha penerima manfaat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crowdfunding; Media Sosial; Sajiwa Foundation |
Subjects: | Communities Communities > Community Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Imam Murrobi |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |