Analisis konsep geometri dan pengukuran dalam Al-Qur'an

Sholahudin, Faisal (2025) Analisis konsep geometri dan pengukuran dalam Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_Skplagiarisme.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep geometri dan pengukuran dalam Al-Qur’an serta mengidentifikasi potensinya dalam memperkuat pendekatan integratif antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka memanfaatkan Tafsir-tafsir Al-Qur’an sebagai rujukan utama dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan aspek-aspek matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an mengandung representasi konseptual geometri seperti lingkaran (QS. Yasin: 38-40), segi enam (QS. An-Nahl: 68-69), dan simetri (QS. Al-Qamar: 49). Sementara itu, konsep pengukuran meliputi dimensi waktu (QS. Al-Qadr: 3), berat (QS. Al-Anbiya: 47), panjang (QS. An-Najm: 9), dan luas (QS. Al-Hadid: 21) juga ditemukan tersirat dalam berbagai ayat. Temuan ini memperkuat argumen bahwa Al-Qur’an bukan hanya kitab spiritual, tetapi juga sumber pengetahuan yang mencerminkan prinsip ilmiah dan matematis secara simbolik maupun literal. Integrasi antara geometri dan pengukuran dalam Al-Qur’an dapat dijadikan pijakan pedagogis untuk mengembangkan model pembelajaran matematika kontekstual yang menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Studi ini merekomendasikan pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran matematika guna membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan spiritual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; geometri; pengukuran; integrasi ilmu dan wahyu
Subjects: Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Faisal Sholahudin
Date Deposited: 29 Aug 2025 00:35
Last Modified: 29 Aug 2025 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116602

Actions (login required)

View Item View Item