Sholahudin, Faisal (2025) Analisis konsep geometri dan pengukuran dalam Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_Skplagiarisme.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka1.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep geometri dan pengukuran dalam Al-Qur’an serta mengidentifikasi potensinya dalam memperkuat pendekatan integratif antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka memanfaatkan Tafsir-tafsir Al-Qur’an sebagai rujukan utama dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan aspek-aspek matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an mengandung representasi konseptual geometri seperti lingkaran (QS. Yasin: 38-40), segi enam (QS. An-Nahl: 68-69), dan simetri (QS. Al-Qamar: 49). Sementara itu, konsep pengukuran meliputi dimensi waktu (QS. Al-Qadr: 3), berat (QS. Al-Anbiya: 47), panjang (QS. An-Najm: 9), dan luas (QS. Al-Hadid: 21) juga ditemukan tersirat dalam berbagai ayat. Temuan ini memperkuat argumen bahwa Al-Qur’an bukan hanya kitab spiritual, tetapi juga sumber pengetahuan yang mencerminkan prinsip ilmiah dan matematis secara simbolik maupun literal. Integrasi antara geometri dan pengukuran dalam Al-Qur’an dapat dijadikan pijakan pedagogis untuk mengembangkan model pembelajaran matematika kontekstual yang menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Studi ini merekomendasikan pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran matematika guna membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan spiritual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; geometri; pengukuran; integrasi ilmu dan wahyu |
Subjects: | Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Faisal Sholahudin |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 00:35 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |