Sahid, Muhamad Mugni (2025) Pengaruh menonton media sosial dan peran guru agama terhadap perilaku Bullying siswa di sekolah: Penelitian di kelas X SMA Nasional Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_lembarpernyataan.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku bullying yang masih menjadi tren di Indonesia. Demikian pula di SMA Nasional Bandung, meskipun sekolah telah melakukan upaya pencegahan melalui pembatasan penggunaan media sosial serta teladan dan pembiasaan kegiatan religius oleh guru agama, kenyataannya perilaku bullying masih ditemukan meskipun cakupannya tidak luas. Hal ini menjadi masalah penelitian karena tidak sesuai dengan syariat agama Islam dan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas menonton media sosial dengan konten negatif; 2) Realitas peran guru agama; 3) Realitas perilaku bullying siswa; 4) Pengaruh menonton media sosial dengan konten negatif dan peran guru agama terhadap perilaku bullying siswa. Penelitian ini didasarkan atas teori yang menyatakan bahwa sebagian besar pembelajaran manusia terjadi dalam konteks sosial, pembelajaran terjadi melalui proses pengamatan dan meniru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Realitas menonton media sosial dengan konten negatif terkategori rendah dengan rata-rata 1,89 berada pada rentang 1,81-2,60. Namun untuk intensitas penggunaan media sosial masih tinggi. Solusinya sekolah dapat meningkatkan implementasi program pembatasan konten-konten media sosial dengan menghadirkan berbagai aktivitas alternatif yang lebih produktif; 2) Realitas peran guru agama terkategori tinggi dengan rata-rata 3,71 berada pada rentang 3,41-4,20. Namun terdapat kekurangan dalam pemberian perhatian terhadap siswa dan keterlibatan langsung. Solusinya dengan meningkatkan kualitas interaksi guru dan siswa melalui pendekatan personal dan guru dapat memperbanyak keterlibatan langsung dalam kegiatan siswa; 3) Realitas perilaku bullying siswa terkategori rendah dengan rata-rata 1,98 berada pada rentang 1,81-2,60. Namun perilaku bullying masih terjadi meskipun cakupannya tidak luas. Solusinya sekolah perlu meningkatkan pendidikan karakter dan akhlak mulia melalui pembelajaran yang berkelanjutan dengan program-program anti bullying; 4) Pengaruh menonton media sosial dengan konten negatif dan peran guru agama menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku bullying siswa. Dalam pengaruhnya sebesar 28,4%, variabel menonton media sosial dengan konten negatif cenderung meningkatkan perilaku bullying, sedangkan peran guru agama cenderung menurunkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying; Media Sosial; Peran Guru Agama |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Mugni Sahid |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:51 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |