Strategi Kampanye Humas dalam mengenalkan aplikasi Sadayana Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

Safitri, Rahmalia Nur (2025) Strategi Kampanye Humas dalam mengenalkan aplikasi Sadayana Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Maraknya aplikasi layanan yang dikembangkan di Kota Bandung menunjukkan adanya transformasi digital yang pesat. Pemerintah Kota bandung melalui berbagai instansi, termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika, terus berupaya menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui peluncuran aplikasi Sadayana, sebuah portal terpadu yang mengintegrasikan berbagai layanan publik dalam satu platform. Pengenalan aplikasi Sadayana dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sebagai bagian dari strategi kampanye humas dalammeningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta mendorong masyarakat untukaktif menggunakan aplikasi Sadayana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye humas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung melalui model RACE yang dikemukakan oleh Jhon Marston. Model RACE memuat empat strategi utama, diantaranya adalah research (penelitian), action planning (perencanaan tindakan), communication (komunikasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini menerapkan paradigma kontruktivisme dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sebagai instansi pemerintah yang mengelola aplikasi Sadayana, melakukan strategi kampanye humas dengan model RACE melalui empat strategi yang digunakan meliputi: (1) Research (penelitian) yang berfokus pada latar belakang kampanye dan analisis situasi atau masalah. (2) Action Planning (perencanaan tindakan) yang berfokus pada tujuan dan sasaran, ide pesan, strategi, dan taktik kampanye, serta jadwal kampanye. (3) Communication (komunikasi), yang berfokus pada manajemen proyek dan quality control atau pengendalian mutu kampanye. (4) Evaluation (evaluasi) berfokus pada kriteria evaluasi dan media atau alat yang digunakan dalam kampanye. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan kampanye public relations yang dilakukan dengan strategi dapat menciptakan pengetahuan masyarakat dalam mendukung program kerja pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kampanye Humas; Aplikasi Sadayana; Model RACE; Diskominfo Kota Bandung
Subjects: Public Worship and Other Practices
Education > Organization of Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rahmalia Nur Safitri
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:18
Last Modified: 09 Sep 2025 04:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118161

Actions (login required)

View Item View Item