Perbandingan peningkatan penguasaan konsep menggunakan model pembelajaran SSCS (Search,Solve,Create,Share) dengan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) pada materi sistem Reproduksi

Marchamah, Ilma (2025) Perbandingan peningkatan penguasaan konsep menggunakan model pembelajaran SSCS (Search,Solve,Create,Share) dengan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) pada materi sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan konsep merupakan salah satu dasar bagi peserta didik agar dapat menerapkan pengetahuan dalam kehidupan.penguasaan konsep siswa pada peserta didik masih harus ditingkatkan terutama pada materi sistem reproduksi.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep menggunakan model SSCS dan PJBL. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain two group pretest and postest.dilaksanakan di salah satu SMA swasta di kabupaten bandung pada kelas XI-1 dan XI-4 dipilih dengan cluster random sampling yang berjumlah 72 orang. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada kelas eksperimen 1 sangat baik dengan rata-rata persentase aktivitas guru 92% dan rata-rata persentase aktivitas siswa 88% sedangkan eksperimen 2 nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 93% dan aktivitas peserta didik sebesar 89%. Peningkatan penguasaan konsep di kelas eksperimen 1 termasuk kategori sedanga dengan nilai 0,60 sedangkan di kelas eksperimen 2 termasuk kategori tinggi dengan nilai 0,71. Hasil uji hipotesis Sig.2 tailed 0,010 < 0,05 yang berarti H0 ditolak Ha diterima . temuan ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep peserta didik menggunakan model SSCS dan PJBL pada materi sistem reproduksi. Oleh karena itu pembelajaran dengan model SSCS dan PJBL perlu dikembangkan lebih lanjut seiring dengan kendala yang diakui peserta didik pada beberapa tahap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep; PJBL; SSCS; Sistem Reproduksi
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilma Marchamah
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:59
Last Modified: 13 Sep 2025 05:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118167

Actions (login required)

View Item View Item