Pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Google Slide terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian Quasi-Eksperiment pada siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung

Tazkian, Rifki (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Google Slide terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian Quasi-Eksperiment pada siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi google slide terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa yang disebabkan dominannya penggunaan media pembelajaran yang konvensional, seperti media buku yang kurang melibatkan perhatian siswa sehingga membuat siswa lebih gampang bosan dan tidak tertarik yang menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji-T, N-Gain, dan uji Effect Size yang digunakan untuk menguji hipotesis, pengaruh, keefektifan, dan ukuran efek dari media pembelajaran visual berbantu aplikasi google slide terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi google slide berpengaruh signifikan dan cukup efektif untuk digunakan, serta memberikan efek yang sangat besar terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan hasil uji-T yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan nilai N-Gain 70,4, serta nilai effect size 1,4. Selain itu rata-rata hasil post-test kelas eksperimen mencapai 84,7 sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 74,8. Dengan demikian, media pembelajaran visual berbantu aplikasi google slide cukup efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknologi; Google Slide; Eksperimen; Quasi-Eksperiment; Pembelajaran; PAI; Pendidikan; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Knowledge
Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Data Processing, Computer Science > Cloud Computing
Islam
Islam > Islam and Technology
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rifki tazkian
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:30
Last Modified: 11 Sep 2025 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118787

Actions (login required)

View Item View Item