Penerapan metode pembelajaran Jarimatika untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas XI Otomotif di SMK MVP ARS Internasional

Nurhidayah, Nisa (2025) Penerapan metode pembelajaran Jarimatika untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas XI Otomotif di SMK MVP ARS Internasional. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_Halaman Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada sebagian siswa, 7 dari 25 siswa belum mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif, menyenangkan dan efektif. Metode Jarimatika yang umumnya digunakan dalam pembelajaran matematika, dalam penelitian ini dimodifikasi untuk membantu siswa mengenal dan mengingat huruf hijaiyah serta melancarkan bacaan Al-Qur’an melalui bantuan jari tangan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penggunaan penerapan metode pembelajaran jarimatika dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI Otomotif di SMK MVP ARS Internal; 2) Mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an; 3) Menganalisis pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori pembelajaran aktif multisensorik, serta teori kontruktivisme dalam pendidikan. Dalam bab II, dijelaskan bahwa metode jarimatika mampu merangsang kerja otak kiri dan kanan karena melibatkan aktivitas fisik (gerakan jari) dan kognitif (pemrosesan huruf hijaiyah dan syakal), sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Kerangka berpikir dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group desain. Subjek peneitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode jarimatika dan kelas kontrol yang menggunakan metode qiraati. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hipotesis dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Ho (Hipotesis Nol): Tidak terdapat pengaruh signifikan penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an; 2) H1 (Hipotesis Alternatif): Terdapat pengaruh signifikan penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode pembelajaran jarimatika menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan dan metode ini cocok untuk membantu meningkatkan hafalan huruf hijaiyah dan nantinya dapat digunakan untuk menghafal Al-Qur’an. 2) kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an disebabkan oleh lemahnya penguasaan huruf hijaiyah dan penguasaan ilmu tajwid, 3) berdasarkan hasil N-Gain, pengaruh metode pembelajaran jarimatika berada dalam kategori sedang dan dari nilai rata-rata (mean) skor hasil belajar PAI siswa di kelas Jarimatika adalah 57.76 dan rata-rata skor hasil belajar PAI siswa di kelas Qiraati adalah 54.30. Hipotesis pada penelitian ini H1 yang artinya di terima, menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika memiliki pengaruh signifikan meskipun belum optimal. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran PAIBP, SMK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika;Membaca Al-Qur’an;Pembelajaran PAIBP;SMK
Subjects: Science and Religion
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisa nurhidayah
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:10
Last Modified: 11 Sep 2025 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119105

Actions (login required)

View Item View Item