Sholihah, Dede Siti (2018) Pengaruh penerapan model operant conditioning dalam pelajaran tajwid terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Btq di sekolah: Penelitian kuantitatif di kelas X SMK Muhammadiyyah 2 Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_Cover-1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Model Operant Conditioning adalah model atau suatu cara yang dilakukan oleh pendidik dengan memberikan beberapa strategi pembelajaran dalam proses belajar kepada peserta didik terhadap perbuatan tertentu yang bertujuan agar peserta didik menemukan prinsip-prinsip atau konsep yang dapat merubah kebiasaannya menjadi lebih baik, hal ini ditunjang dengan salah satu strategi yang diterapkan yaitu penerapan token economy saat pelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana penerapan model operant conditioning pada pelajaran tajwid dalam mata pelajaran BTQ di kelas X TKJ dan AP1, serta bagaimana motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran tajwid pada mata pelajaran BTQ di kelas X TKJ AP1 dan bagaimana pengaruh penerapan model operant conditioning terhadap motivasi belajar siswa dalam pelajaran tajwid pada mata pelajaran BTQ khususnya pada siswa kelas X TKJ AP1 SMK Muhammadiyah 2 Cibiru bandung. Kerangka berpikir dari penelitian ini bahwa model operant conditioning adalah upaya praktis dalam pembinaan dan peningkatan motivasi siswa, hal ini karena hasil dari penerapan strategi yang diterapkan adalah terciptanya suatu pembentukan perilaku positif dan pembiasaaan tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis sehingga menjadi suatu perilaku yang terbentuk karena kebiasaan yang bertujuan agar peserta didik terbiasa melakukan hal yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar yang ditunjang oleh keempat strategi model operant conditioning dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggnakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi dan survey, dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling dengan responden 30 dari 309 populasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah korelasi dan regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh model operant conditioning dalam pelajaran tajwid terhadap motivasi belajar siswa signifikansinya sebesar 65%. Hasil yang dipat menunjukan penerapan operant conditioning tergolong ‘sesuai’ diukur dengan indikator.motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas X TKJ dan AP1 di SMK Muhammadiyyah 2 Cibiru tergolong ‘tinggi’, diukur dari indikator. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapat model operant conditioning terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKJ dan AP1 di SMK Muhammadiyyah 2 Cibiru dangan tingkat kategori ‘sangat tinggi’ maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operant conditioning; motivasi; siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dede Siti Sholihah |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 07:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 07:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11927 |
Actions (login required)
View Item |