Nissa, Risma Khoiru (2025) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe classwide peer tutoring uPenerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Classwide Peer Tutoring untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran IPAS: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Miftahul Huda Bandungntuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran IPAS: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Miftahul Huda Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiasi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep siswa kelas V MI Miftahul Huda dalam mata pelajaran IPAS melatarbelakangi penelitian ini. Hasil tes awal menunjukkan hanya 4 dari 21 siswa yang mencapai KKM 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 19,05% dan rata-rata nilai 62. Siswa cenderung pasif, kurang percaya diri,dan tidak aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran masih didominasi oleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Classwide Peer Tutoring dalam pembelajaran IPAS di kelas V MI Miftahul Huda. 2) Mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Classwide Peer Tutoring untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran IPAS di kelas V MI Miftahul Huda. 3) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Classwide Peer Tutoring di kelas V MI Miftahul Huda di setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Miftahul Huda dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan di setiap siklusnya terdiri dari satu tindakan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui perhitungan nilai individu, nilai rata-rata, ketuntasan belajar klasikal, serta analisis hasil observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian sebelum diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Classwide Peer Tutoring, pemahaman konsep siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 62 dan ketuntasan belajar klasikal 19,05%. Model pembelajaran ini diterapkan melalui dua kelompok yang saling berpasangan antara tutor dan tutee dengan menjelaskan dan memberikan pertanyaan, diskusi dua sesi masing-masing 10 menit, pertukaran peran, pemberian poin atas jawaban yang benar, serta reward kepada kelompok terbaik. Setelah diterapkan, terjadi peningkatan bertahap di setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata menjadi 72 dengan persentase belajar kalsikal 61,90%, siklus II nilai rata-rata menjadi 75 dengan persentase belajar kalsikal 80,95% dan siklus III mencapai nilai rata-rata 82 dengan persentase belajar klasikal 100%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep; cooperative learning; classwide peer tutoring |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Risma Khoiru Nissa |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:16 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |