Implementasi sabar guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterbukaan diri (Self-Disclosure) siswa kelas X : Studi kualitatif deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung

Nurhaliza, Annisa (2025) Implementasi sabar guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterbukaan diri (Self-Disclosure) siswa kelas X : Studi kualitatif deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
03_keterangan bebas plagiarism.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterbukaan diri (self disclosure) merupakan aspek penting dalam proses konseling yang memungkinkan siswa untuk berbagi perasaan dan masalah yang dihadapi. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membuka diri kepada guru BK akibat berbagai faktor, termasuk ketidaknyamanan dan ketakutan akan penilaian. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membuka diri kepada guru BK, diperlukan pendekatan yang berbasis pada kesabaran dan empati dari guru BK. Dengan menciptakan lingkungan yang aman dan tidak menghakimi, guru BK dapat membantu siswa merasa lebih nyaman untuk berbagi perasaan dan masalah yang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sabar guru Bimbingan dan Konseling (BK), gambaran keterbukaan diri (self disclosure) siswa kelas X, serta implementasi sabar yang dilakukan oleh BK dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi, yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan melibatkan lima guru BK dan lima siswa sebagai informan. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sabar guru BK yaitu TA, NRA, I, FLS, dan HMG secara konsisten menerapkan sabar dalam praktik konseling mereka, dengan TA menonjol dalam zuhud, NRA dalam lemah lembut, I dalam keberanian, FLS dalam qana’ah, serta HMG dalam lapang dada. Keseluruhan aspek sabar ini berkontribusi terhadap peningkatan keterbukaan diri siswa. Siswa yang awalnya cenderung tertutup mulai menunjukkan kemajuan dalam berbagi masalah pribadi dan emosional setelah mendapatkan dukungan dari guru BK yang sabar dan empatik. Dari lima siswa yang diteliti, empat di antaranya KBA, RNHZ, DMM, THA menunjukkan peningkatan dalam keterbukaan diri mereka setelah menjalani konseling dengan guru BK, sementara satu siswa FRM menunjukkan keterbukaan diri yang masih belum berkembang, ditandai oleh adanya inkonsistensi antara pengungkapan verbal dan perilaku non-verbal yang masih tertutup, ini menunjukkan keengganan atau kecemasan meski menjawab pertanyaan. Meskipun tidak semua siswa menunjukkan perubahan yang sama, mayoritas siswa mengalami peningkatan dalam keterbukaan diri mereka, yang berdampak positif pada proses konseling dan perkembangan emosional mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sabar; keterbukaan diri (self disclosure); guru BK
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Applied Psychology
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam
Islam > Sufi Orders
Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Annisa Nurhaliza
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:39
Last Modified: 12 Sep 2025 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119391

Actions (login required)

View Item View Item