Implementasi pendekatan STEM terintegrasi social emotional learning untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas pada topik energi terbarukan

Matsnunah, Isni Husniatul (2025) Implementasi pendekatan STEM terintegrasi social emotional learning untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas pada topik energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan literasi sains dan kreativitas melalui implementasi Pendekatan STEM terintegrasi Social Emotional Learning pada topik energi terbarukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Albidayah menggunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest-posttest, dengan sampel penelitian kelas X berjumlah 34 siswa. Hasil peningkatan literasi sains menunjukkan nilai rata-rata nilai pretest 48 dan posttest 62 kemudia peningkatan dari hasil pretest posttest yaitu N-gain skor 0,31 pada kategori sedang. Selain itu hasil profil kreativtas peserta didik menunjukkan dimensi novelty pada kategori baik dengan 77,4%, dimensi resolution dengan persentasae 86,7% pada kategori sangat baik dan dimensi elaboration pada kategori baik dengan persentase 79,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: STEM; social emotional learning; literasi sains; kreativitas; energi terbarukan
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Isni Husniatul Matsnunah
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:50
Last Modified: 15 Sep 2025 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119750

Actions (login required)

View Item View Item