Pengembangan media video interaktif berbasis aplikasi Lumi Education untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan

Rahmawati, Amalia Darozatun (2025) Pengembangan media video interaktif berbasis aplikasi Lumi Education untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif berbasis aplikasi Lumi Education yang terintegrasi dengan model Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X E-1 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar aktivitas peserta didik, serta tes keterampilan berpikir kritis. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan layak digunakan dengan nilai rata-rata 0,805 dari ahli materi dan media yang termasuk dalam kategori tinggi. Pembelajaran menggunakan media video interaktif berbasis aplikasi Lumi Education selama dua pertemuan dengan menggunakan strategi AABTLT with SAS berlangsung sangat efektif dengan persentase rata-rata 86,40%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan media video interaktif berbasis aplikasi Lumi Education berada dalam kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,73. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video interaktif berbasis Lumi Education layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Energi Terbarukan; Keterampilan Berpikir Kritis; Lumi Education Media Video interaktif; Problem Based Learning
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Amalia Darozatun Rahmawati
Date Deposited: 14 Sep 2025 22:32
Last Modified: 14 Sep 2025 22:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119798

Actions (login required)

View Item View Item