Sulistya, Silva Inten (2024) Efektivitas penerapan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini: Penelitian tindakan kelas di Ra As-Shofa kelompok B Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover .pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang dilakuakn pada anak kelompok B di RA Ash-Shofa bahwa perkembangan kreativitas anak belum optimal, hal ini terbukti masih ada beberapa anak yang belum bisa mengeluakan ide baru, belum bisa menyusun dan membereskan alat main kemudian belum berani menyampaikan gagasannya didepan teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perkembangan kreativitas pada anak kelas B RA Ash-Shofa Ciparay sebelum penerapan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT). 2) Gambaran proses penerapan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam proses pembelajaran di kelas B RA Ash-Shofa Ciparay. 3) Perkembangan Kreativitas pada anak kelas B RA Ash-Shofa ciparay setelah penerapan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pada seluruh siklus. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori bahwasannya perkembangan kreativitas anak usia empat sampai enam tahun adalah aspek yang sangat vital dalam kehidupan. Untuk mengatasi berbagai tantangan, menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi, dan mencapai tujuan yang diimpikan, kreativitas sangatlah dibutuhkan. Tanpa adanya kreativitas, seseorang akan kerap menghadapi jalan buntu, kehilangan arah dan tujuan yang jelas, yang pada akhirnya dapat menghambat serta mengurangi motivasi untuk meraih prestasi. Metode yang dilakuan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemis dan Mc Taggat yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklusnya memiliki beberapa tahapan seperti: perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini; Metode BCCT; Kreativitas Anak; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Silva Inten Sulistya |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:03 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |