Peran Zikir terhadap perkembangan Interpersonal Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) : Studi kasus di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung

Travira, Muhammad Ilham (2025) Peran Zikir terhadap perkembangan Interpersonal Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) : Studi kasus di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN LULUS CEK PLAGIARISME)
SURAT KETERANGAN LULUS CEK PLAGIARISME.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) sering kali menghadapi kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebayanya di sekolah, diantaranya kesulitan berkomunikasi, memahami isyarat sosial dan membangun hubungan yang bermakna. SMP Hikmah Teladan Kota Bandung adalah sekolah swasta inklusi yang memiliki program keagamaan melalui pembacaan zikir pagi dan sore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan interpersonal Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung, proses zikir yang dilakukan di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung, serta untuk mengetahui peran zikir terhadap perkembangan interpersonal Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel siswa berkebutuhan khusus pada penelitian ini berjumlah tiga orang. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran interpersonal siswa berkebutuhan khusus AR sudah berkembang pada aspek mengenali perasaan sendiri dan orang lain. Pada aspek memotivasi diri sendiri AR sedang berkembang. Sedangkan pada aspek mengelola emosi dengan baik dalam hubungan dengan orang lain AR belum berkembang. Gambaran interpersonal siswa berkebutuhan khusus AZ sudah berkembang pada aspek mengenali perasaan sendiri dan orang lain. Namun, pada aspek memotivasi diri sendiri dan mengelola emosi dengan baik dalam hubungan dengan orang lain AZ belum berkembang. Gambaran interpersonal siswa berkebutuhan khusus RL sedang berkembang pada aspek mengenali perasaan sendiri dan orang lain. Pada aspek memotivasi diri sendiri RL masih rendah. Dan pada aspek mengelola emosi dengan baik dalam hubungan dengan orang lain RL sedang berkembang. Proses zikir di SMP Hikmah Teladan Kota Bandung diawali dengan sholat dhuha, tadarus dan dilakukan secara rutin di pagi hari sebelum melakukan pembelajaran dan di sore hari sebelum pulang dibacakan secara berjamaah dan dipimpin oleh satu sampai dua siswa. Peran zikir terhadap perkembangan interpersonal siswa berkebutuhan khusus terhadap AR memberikan dampak pada aspek pengelolaan emosi dan dalam hubungan dengan orang lain. Pada AZ memberikan dampak pada aspek pengelolaan emosi dengan baik dan dalam hubungan dengan orang lain. Dan pada RL memberikan dampak pada aspek kemampuan memotivasi diri sendiri, pengelolaan emosi dengan baik dalam dan hubungan dengan orang lain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal; Siswa; Zikir
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations
Islam > Dhikr, Qiblah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Ilham Travira
Date Deposited: 16 Sep 2025 06:49
Last Modified: 16 Sep 2025 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120058

Actions (login required)

View Item View Item