Pengaruh model pembelajaran CPS berbantu media Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi inovasi teknologi biologi

Gustiani, Andini Sri Azzahra (2025) Pengaruh model pembelajaran CPS berbantu media Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting pada abad 21 yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CPS berbantu media Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Garut dengan sampel 39 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CPS berbantu media Padlet termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 93,22%. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan model CPS berbantu media Padlet mencapai nilai N-Gain sebesar 0,73 (kategori tinggi), sedangkan kelas tanpa model CPS berbantu media Padlet memperoleh nilai N-Gain 0,62 (kategori sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan positif dengan persentase tertinggi sebesar 83% pada model pembelajaran dan 78% pada media Padlet. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CPS berbantu media Padlet memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan effect size sebesar 1,3 (besar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CPS; Inovasi Teknologi Biologi; Keterampilan Berpikir Kreatif; Padlet
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andini Sri Azzahra Gustiani
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:59
Last Modified: 16 Sep 2025 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120139

Actions (login required)

View Item View Item