Gustiani, Andini Sri Azzahra (2025) Pengaruh model pembelajaran CPS berbantu media Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB VI)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting pada abad 21 yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CPS berbantu media Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Garut dengan sampel 39 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CPS berbantu media Padlet termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 93,22%. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan model CPS berbantu media Padlet mencapai nilai N-Gain sebesar 0,73 (kategori tinggi), sedangkan kelas tanpa model CPS berbantu media Padlet memperoleh nilai N-Gain 0,62 (kategori sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan positif dengan persentase tertinggi sebesar 83% pada model pembelajaran dan 78% pada media Padlet. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CPS berbantu media Padlet memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan effect size sebesar 1,3 (besar).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CPS; Inovasi Teknologi Biologi; Keterampilan Berpikir Kreatif; Padlet |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Andini Sri Azzahra Gustiani |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |