Juliansyah, Tiaranissa (2025) Optimasi fitur reels Instagram dalam penyebaran berita pada akun @prfmnews. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (1_cover)
Cover.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (2_abstrak)
Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (3_skbebasplagiarism)
SK bebas plagiarism.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text (4_daftarisi)
Daftar isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (5_bab1)
Bab 1.pdf Download (430kB) | Preview |
|
![]() |
Text (6_bab2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (7_bab3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (8_bab4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (9_daftarpustaka)
Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (10_lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial telah berkembang menjadi salah satu platform utama dalam penyebaran informasi, termasuk dalam bentuk berita. Di Indonesia, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di kalangan masyarakat. Salah satu fitur Instagram yang sering dimanfaatkan untuk menyebarkan berita adalah fitur Reels yang memuat video pendek berdurasi maksimal 90 detik yang dapat diperkaya dengan elemen audio dan visual. Akun Instagram @prfmnews merupakan salah satu akun yang aktif memanfaatkan fitur Reels untuk menyajikan berita secara singkat dan padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana bentuk optimasi metadata dan nonmetadata pada fitur Reels Instagram dalam penyebaran berita di media sosial yang dilakukan oleh akun @prfmnews. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Media Baru yang dikembangkan oleh Pierre Levy untuk meneliINDONESIA: Media sosial telah berkembang menjadi salah satu platform utama dalam penyebaran informasi, termasuk dalam bentuk berita. Di Indonesia, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di kalangan masyarakat. Salah satu fitur Instagram yang sering dimanfaatkan untuk menyebarkan berita adalah fitur Reels yang memuat video pendek berdurasi maksimal 90 detik yang dapat diperkaya dengan elemen audio dan visual. Akun Instagram @prfmnews merupakan salah satu akun yang aktif memanfaatkan fitur Reels untuk menyajikan berita secara singkat dan padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana bentuk optimasi metadata dan nonmetadata pada fitur Reels Instagram dalam penyebaran berita di media sosial yang dilakukan oleh akun @prfmnews. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Media Baru yang dikembangkan oleh Pierre Levy untuk meneliti bagaimana proses optimasi fitur Reels Instagram @prfmnews sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam penyebaran berita di media sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma kontruktivisme yang bertujuan untuk menggali informasi dengan pertanyaan yang terbuka. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif dengan tujuan menjelaskan fakta secara rinci dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk optimasi metadata dalam penyebaran berita di media sosial oleh akun @prfmnews dibagi menjadi tiga unsur yakni pemilihan teks keterangan, pemilihan tagar, dan penggunaan unggahan kolaboratif. Sementara itu, bentuk optimasi nonmetadata oleh akun @prfmnews dibagi menjadi empat unsur yakni pengemasan video, pemilihan audio, pemilihan gambar sampul berita, dan pemilihan teks di dalam video. ENGLISH: Social media has developed into one of the main platforms for disseminating information, including news. In Indonesia, Instagram is one of the most popular social media among the public. One of the Instagram features that is often to used to spread news is the Reels feature which contains short videos with a maximum duration 90 second that can be enriched with audio and visual elements. The @prfmnews Instagram account is the one of the accounts that actively utilizes the Reels feature to present news in a short and concise manner. This study aims to determine and explain how the form of metadata and non metadata optimization the Instagram Reels feature in disseminating news on social media carried out by the @prfmnews account. The theory used in this research is the New Media theory developed by Pierre Levy to examine how the optimization process of the @prfmnews Instagram Reels feature as a form of technology utilization in disseminating news on social media. The approach used in this research is qualitative approach with a contructivism paradigm that aims to explore information with open questions. The method used in descriptive method with the aim of explaining the facts in detail in the form of description. The result showed that the form of metadata optimization in the dissemination of news on social media by the @prfmnews account was divided into three elements, the selection of caption text, the selection of hastags, and the use of collaboration posts. Meanwhile, the form on non metadata optimization by the @prfmnews account is divided into four elements, the video packaging, audio selection, selection of news cover image, and selection of text in the video. ti bagaimana proses optimasi fitur Reels Instagram @prfmnews sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam penyebaran berita di media sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma kontruktivisme yang bertujuan untuk menggali informasi dengan pertanyaan yang terbuka. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif dengan tujuan menjelaskan fakta secara rinci dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk optimasi metadata dalam penyebaran berita di media sosial oleh akun @prfmnews dibagi menjadi tiga unsur yakni pemilihan teks keterangan, pemilihan tagar, dan penggunaan unggahan kolaboratif. Sementara itu, bentuk optimasi nonmetadata oleh akun @prfmnews dibagi menjadi empat unsur yakni pengemasan video, pemilihan audio, pemilihan gambar sampul berita, dan pemilihan teks di dalam video. Kata Kunci: Optimasi, Reels Instagram, Berita, Media Sosial, @Prfmnews Social media has developed into one of the main platforms for disseminating information, including news. In Indonesia, Instagram is one of the most popular social media among the public. One of the Instagram features that is often to used to spread news is the Reels feature which contains short videos with a maximum duration 90 second that can be enriched with audio and visual elements. The @prfmnews Instagram account is the one of the accounts that actively utilizes the Reels feature to present news in a short and concise manner. This study aims to determine and explain how the form of metadata and non metadata optimization the Instagram Reels feature in disseminating news on social media carried out by the @prfmnews account. The theory used in this research is the New Media theory developed by Pierre Levy to examine how the optimization process of the @prfmnews Instagram Reels feature as a form of technology utilization in disseminating news on social media. The approach used in this research is qualitative approach with a contructivism paradigm that aims to explore information with open questions. The method used in descriptive method with the aim of explaining the facts in detail in the form of description. The result showed that the form of metadata optimization in the dissemination of news on social media by the @prfmnews account was divided into three elements, the selection of caption text, the selection of hastags, and the use of collaboration posts. Meanwhile, the form on non metadata optimization by the @prfmnews account is divided into four elements, the video packaging, audio selection, selection of news cover image, and selection of text in the video. Keywords: Optimization, Instagram, Reels, News, Social Media, @Prfmnews
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimasi; Reels Instagram; Berita; Media Sosial; @prfmnews |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Tiaranissa Juliansyah |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:30 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |