Musadad, Alfan (2025) Pengaruh Kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Grab di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi telah mendorong transformasi besar pada industri transportasi, termasuk layanan berbasis aplikasi seperti Grab. Namun, indeks merek Grab berdasarkan survei Top Brand menunjukkan penurunan signifikan selama lima tahun terakhir, mengindikasikan berkurangnya kepuasan pelanggan. Penurunan ini diduga dipengaruhi kualitas pelayanan yang belum memenuhi harapan dan promosi yang kurang konsisten. Ditemukan adanya gap antara ekspektasi dan realitas layanan, sehingga diperlukan perbaikan strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab di Kota Bandung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh (Tjiptono, 2011) mengenai kualitas pelayanan, (Kasmir, 2004) mengenai promosi, dan (Kotler & Keller, 2021) mengenai kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desktiptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji statistik t dan uji statistik f), dan analisis koefesien determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Grab. selain itu, Promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Grab. Dan juga Kualitas Pelayanan dan Promosi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Grab. Berdasarkan persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi sebesar 66,7% dan sisanya 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, tingkatan pengaruh antara variabel yang ada pada penelitian ini memiliki tingkat pengaruh yang kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan: Promosi: Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | Econmics > General Publications of Economic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Alfan Irsyad Musadad |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:10 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |