Pengaruh metode Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MA YPI Pulosari Garut

Nurinayah, Cika (2025) Pengaruh metode Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MA YPI Pulosari Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpstaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X MA YPI Pulosari Garut, ditemukan permasalahan rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga menimbulkan kebosanan dan kurang menarik. Padahal, di era modern ini keterampilan belajar mandiri sangat diperlukan. Self Directed Learning (SDL) merupakan metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajarannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan metode Self Directed Learning dan metode konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak, (2) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode Self Directed Learning dan metode konvensional. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan metode pembelajaran Self Directed Learning terjadi ketika seorang individu menggunakan banyak metode kapan saja dan dalam banyak situasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, prestasi, dan pengembangan diri. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara metode Self Directed Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: (1) Pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment, (2) Desain penelitian The Non Equivalent Group Design dengan pembagian kelas eksperimen dan kontrol, (3) Populasi seluruh siswa kelas X MA YPI Pulosari Garut dengan sampel dua kelas yaitu X MIPA (kontrol) dan X IIK (eksperimen), (4) Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, (5) Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan perhitungan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian, Penggunaan metode Self Directed Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X MA YPI Pulosari Garut berjalan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, dimana pertemuan pertama mencapai skor 88% dan pertemuan kedua mencapai 96%, yang keduanya termasuk kategori sangat baik. Adapun, metode konvensional yang digunakan di kelas kontrol masih bersifat teacher-centered, meskipun keterlaksanaannya juga tinggi dimana pertemuan pertama mencapai skor 86% dan pertemuan kedua mencapai 96%, namun aktivitas siswa lebih pasif. Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan metode Self Directed Learning dan Metode Konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA YPI Pulosari Garut signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi < 0,01 (lebih kecil dari 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif;Self Directed Learning;Akidah Akhlak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cika Nur Inayah
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:30
Last Modified: 16 Sep 2025 07:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120282

Actions (login required)

View Item View Item