Manajemen pembelajaran sekolah anak berkebutuhan khusus: Studi kasus PAUD Inklusi Family Club dan SD IT Al-Hikam

Afifah, Hasna (2025) Manajemen pembelajaran sekolah anak berkebutuhan khusus: Studi kasus PAUD Inklusi Family Club dan SD IT Al-Hikam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT BEBAS PLAGIASI)
Surat bebas plagiasi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Manajemen Pendidikan ABK di sekolah reguler masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran. Penggabungan peserta didik berkebutuhan khusus bersama peserta didik reguler dalam satu sekolah, satu kelas yang sama masih belum bisa berjalan dengan baik di semua sekolah. Dikarenakan sekolah memiliki keterbatasn guru pendamping bagi PDBK di sekolah, kekurangan program Pendidikan inklusif bagi PDBK, serta kurang mendukungnya sarana dan prasarana di sekolah dalam mendukung PDBK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sekolah reguler yang melaksanakan program inklusif bisa menjalankan perencanaan pembelajaran inklusif sesuai langkah manajemen pendidikan, menganalisa hasil pembelajaran antar siswa reguler dengan ABK, serta menganalisis hambatan dan strategi dalam pembelajaran ABK di sekolah reguler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen penelitian berdasarkan indikator Standar Nasional Pendidikan Inklusif, SNP membantu penelitian untuk menganalisis perencanaan, hasil pembelajaran, hambatan dan strategi, serta evaluasi pembelajaran sekolah anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Hasil temuan penelitian dibantu pengolahannya oleh aplikasi NVIVO. Berdasarkan hasil temuan penelitian, Sekolah PAUD Inklusi Family Club memiliki jumlah PDBK setengah peserta didik yang ada, sumber daya manusia, manajeman inklusif, serta program inklusif sudah berjalan dengan baik. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa prasarana keamanan PAUD dan kerjasama orangtua dalam pelaksanaan PPI perlu peningkatan. Penggabungan PDBK dengan peserta didik reguler berjalan dengan baik. Temuan di SD IT Al-Hikam, program inklusif berjalan dengan baik, namun perlu adanya peningkatan di manajemen pendidikan. Peningkatan pelatihan bagi guru kelas dan GPK perlu dilakukan untuk mendukung berjalannya program inklusif yang lebih baik. Hasil pembelajaran menunjukkan penggabungan PDBK dengan peserta didik reguler di sekolah bisa berjalan positif, memunculkan sistem pendampingan antar siswa di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil temuan tersebut peneliti mendapatkan kesimpulan, perencanaan pembelajaran inklusif di kedua sekolah sudah memiliki standar program inklusif nasional yang baik, perbedaan dirasakan pada proses pelaksanaan PPI yang berjalan. Hasil pembelajaran juga menunjukkan penggabungan antar ABK dengan anak reguler bisa berjalan dengan baik, hasil ini ditunjukkan juga dengan adanya kerjasama yang baik antara guru, guru pendamping, yayasan, tenaga ahli, beserta orangtua. Hambatan yang ada tidak menjadi penghalang dalam melaksanakan pembelajaran inklusf secara baik, kreatifitas guru menjadi salah satu faktor utama dalam menghadapi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Inklusif; Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Inklusif
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hasna Hasna Afifah
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:16
Last Modified: 17 Sep 2025 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120339

Actions (login required)

View Item View Item