Analisis Marketing Public Relations SMP Itqan Islamic School di Bandung Timur : Studi deskriptif kualitatif pada SMP Itqan Islamic School

Nurwahida, Riva (2025) Analisis Marketing Public Relations SMP Itqan Islamic School di Bandung Timur : Studi deskriptif kualitatif pada SMP Itqan Islamic School. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilam SMP Itqan Islamic School dalam menarik minat murid serta orangtua murid untuk mendaftarkan anaknya di SMP Itqan Islamic School melalui aktivitas Marketing Public Relations yang efektif. Dalam era persainagan yang semakin meningkat sekolah swasta dituntut untuk mampu menonjolkan keunggulan di mata publik seperti optimalisasi publikasi, pemberitaan, penyelenggaran event, serta peningkatan citra dimata publik,.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Marketing Public Relations yang dilakukan SMP Itqan Islamic School di Bandung Timur. Fokus utama mencakup untuk mengetahui proses pulication (publikasi), penyelenggaraan event (acara), news (pemberitaan), dan inform or image (meraih citra) yang dilakukan di SMP Itqan Islamic School.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non- partisipasipatif. Informan dipilih melalui purposive sampling dari pihak internal SMP Itqan Islamic School dengan mempertimbangkan relevansi antara informan dan fenomena yang diteliti.Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Itqan Islamic School melakukan aktivitas Marketing Public Relations dengan konsep PENCILS melalui empat strategi yang digunakan yaitu, pertama publications berfokus pada pemanfaatan media sosial, website, serta penggunaan spanduk dan brosur, kedua event melalui kegiatan yang diselenggarakan pihak internal sekolah dan event kolaborasi dengan pihak eksternal, ketiga news berfokus pada pencanaan dan efektivitas pemberitaan, keempat inform or Image berfokus pada Pembangunan citra positif serta penanganan isu negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations; PENCILS; SMP Itqan Islamic School
Subjects: Communities
Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riva Nurwahida
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:53
Last Modified: 16 Sep 2025 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120371

Actions (login required)

View Item View Item