Sofyani, Endah Dewi (2025) Pengaruh manajemen peserta didik terhadap prestasi nonakademik di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK-1212010033.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
3_Lembar Pernyataan Karya Ilmiah .pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI-1212010033.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I -1212010033.pdf Download (405kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II-1212010033.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III-121210033.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV-1212010033.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V-1212010033.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA-1212010033.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN-1212010033.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan potensi peserta didik merupakan fokus utama dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Idealnya, manajemen peserta didik mampu mengelola pemetaan minat dan bakat, pembinaan karakter, serta pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler secara efektif untuk meningkatkan prestasi nonakademik. Namun, dalam praktiknya terdapat kendala, seperti: keterbatasan fasilitas, waktu latihan yang terbatas, motivasi peserta didik yang belum optimal, dan pembiayaan ekstrakurikuler yang tidak sepenuhnya ditanggung sekolah. Kondisi ini menyebabkan pengelolaan potensi peserta didik belum maksimal dan prestasi nonakademik belum mencapai target yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan manajemen peserta didik, (2) mengidentifikasi prestasi nonakademik, dan (3) menganalisis pengaruh manajemen peserta didik terhadap prestasi nonakademik di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post-facto dan melibatkan sampel sebanyak 302 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan skala Likert lima pilihan jawaban. Analisis data, meliputi: uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji statistik parsial per indikator, uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas), serta uji hipotesis (regresi sederhana dan uji t) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen peserta didik dan prestasi nonakademik, dengan nilai signifikansi < 0,001 dan nilai t sebesar 21,817. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,613 menunjukkan bahwa 61,3% variasi prestasi nonakademik dapat dijelaskan oleh manajemen peserta didik, sedangkan 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti: motivasi, partisipasi, dan dukungan lingkungan. Temuan ini menegaskan bahwa semakin optimal penerapan manajemen peserta didik dari perencanaan hingga evaluasi, semakin tinggi prestasi nonakademik peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan penguatan manajemen peserta didik khususnya pada aspek perencanaan agar pengembangan prestasi nonakademik berjalan lebih optimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen peserta didik; Prestasi nonakademik; MAN; Kabupaten Bandung |
Subjects: | Islam Umum Education General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Endah Dewi Sofyani |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |