Yusuf, Syakira Noorbani (2025) Pengaruh social media marketing terhadap Purchase Intention dengan Price Discount sebagai variabel moderasi: Studi pada mahasiswa Manajemen UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2021-2024 sebagai konsumen Mayoutfit di Tiktok Shop. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
3_suratketeranganbebasplagiasi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (584kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran (18).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong terjadinya perubahan signifikan pada perilaku konsumen, termasuk meningkatnya tren pembelian produk fashion secara online. Persaingan yang ketat di industri fashion menuntun pelaku bisnis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran yang mampu membentuk dan meningkatkan minat beli (Purchase Intention). Social Media Marketing menjadi salah satu strategi yang dinilai efektif karena mampu menciptakan interaksi dua arah dengan konsumen, sementara Price Discount dapat menjadi insentif tambahan untuk mendorong minat beli menjadi keputusan pembelian. Namun, berdasarkan fenomena yang ada, minat beli yang tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan realisasi pembelian, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kombinasi kedua strategi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention, serta menguji peran Price Discount sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Angkatan 2021 2024 yang menjadi konsumen Mayoutfit di TikTok Shop. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, Moderated Regression Analysis (MRA), uji t, dan koefisien determinasi (R²) dengan bantuan SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) pada hipotesis pertama, menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 14,367 > t-tabel 1,987 serta nilai signifikansi nya < 0,001. Namun, pada hipotesis kedua ternyata Price Discount tidak memoderasi pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention, karena nilai t-hitung nya sebesar 0,308 < t-tabel 1,987 dengan nilai signifikansi nya sebesar 0,759 > 0,05. Adapun hasil koefisien determinasi Social Media Marketing dan Price Discount memberikan pengaruh dan konstribusi terhadap Purchase Intention sebesar 75,6% dan sisanya 24,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pemasaran; Social Media Marketing; Purchase Intention; Price Discount |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Syakira Noorbani Yusuf |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |