Strategi pengelolaan berita pada situs Madania.co.id

Karna, Ridho (2025) Strategi pengelolaan berita pada situs Madania.co.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2025-09-18 at 11.06.15.jpeg

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pengelolaan berita pada situs Madania.co.id yang berkembang di tengah arus transformasi media massa menuju media daring. Kemunculan media daring sebagai bentuk baru dari penyampaian informasi menuntut adanya sistem pengelolaan yang terstruktur, cepat, dan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik seperti akurasi, keberimbangan, dan etika pemberitaan. Fokus penelitian ini adalah mengkaji bagaimana strategi pengelolaan berita yang diterapkan oleh situs Madania.co.id sebagai media pemberitaan daring, yang meliputi proses penemuan data berita berbasis fakta, perencanaan isi berita, pembagian tugas peliputan, serta evaluasi akhir sebelum berita dipublikasikan kepada khalayak. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep Four-Step Public Relations Process yang diperkenalkan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Konsep ini terdiri dari empat tahapan utama, yaitu penemuan fakta (fact finding), perencanaan (planning),komunikasi atau pelaksanaan (communication), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lapangan, wawancara mendalam dengan informan kunci yang terdiri atas Redaktur Pelaksana, Manajemen (IT), dan Repoter Madania.co.id, serta dokumentasi sebagai pelengkap data. Pemilihan informan didasarkan pada keterlibatan langsung mereka dalam proses perencanaan, produksi, dan evaluasi berita Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan berita di Madania.co.id meliputi empat tahap inti. Pertama, penemuan fakta dilakukan dengan cara pengumpulan data secara sistematis, melalui sumber informasi yang kredibel, website resmi, press realese, dan wawancara narasumber. Kedua, perencanaan berita dilakukan melalui rapat redaksi (Budgeting Proyeksi) yang melibatkan semua tim redaksi dalam menentukan topik, sudut pandang, serta jadwal peliputan. Ketiga,pembagian tugas peliputan dilakukan dengan mempertimbangkan kompetensi dan tanggung jawab masing-masing anggota redaksi secara profesional. Keempat, evaluasi terhadap hasil liputan dilakukan sebelum berita dipublikasikan hingga berita dipublikasikan, hal ini dilakukan guna memastikan kesesuaian dengan standar jurnalistik dan nilai-nilai redaksional yang diusung oleh Madania.co.id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan; Berita; media; madania.co.id
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ridho ido Karna
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:10
Last Modified: 18 Sep 2025 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120488

Actions (login required)

View Item View Item