Penerapan model The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V sekolah dasar: Penelitian tindakan kelas di SDN 1 Mekarasih

Hasanah, Juwita (2025) Penerapan model The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V sekolah dasar: Penelitian tindakan kelas di SDN 1 Mekarasih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
1212090085-PGMI-JUWITA HASANAH-3.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas V SDN 1. Hal ini dikarenakan seringnya penerapan model belajar klasik dan kurang interaktif berupa metode ceramah sehingga kurang terbiasa mendapatkan pembelajaran kolaborasi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran The Power of Two. Dengan demikian peserta didik dapat mengoptimalkan belajar kolaboratif. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Mix Methode, yaitu penelitian dengan memadukan antara data kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Jenis data yang digunakan berupa jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) Keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V sebelum diterapkannya model pembelajaran the power of two memperoleh nilai rata-rata 54 dan persentase ketuntasan dalam berkolaborasi hanya sebesar 10% yang termasuk dalam kategori kurang sekali. 2) Keterampilan kolaborasi peserta didik setelah menerapkan model the power of two mengalami peningkatan, persentase ketuntasan dalam berkolaborasi sebesar 43% (kurang), dan nilai rata-rata mencapai 61 pada siklus I, pada siklus II persentase ketuntasan dalam berkolaborasi mencapai angka 73% (baik), dengan nilai rata-rata sebesar 71, keterampilan kolaborasi peserta didik lebih meningkat pada siklus III dengan persentase ketuntasan dalam berkolaborasi sebesar 87% (baik sekali), dan nilai rata-rata mencapai angka 80. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran the power of two terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan pancasila; model the power of two; keterampilan kolaborasi
Subjects: Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Juwita Hasanah
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:27
Last Modified: 18 Sep 2025 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120494

Actions (login required)

View Item View Item