Yanto, Yanto (2025) Implementasi model Discovery Learning berbantuan Edredo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (405kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam membekali peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21, yang menekankan pada penguasaan keterampilan berpikir kritis serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran yang tidak interaktif dan penerapan model pembelajaran yang kurang relevan menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui implementasi model discovery learning berbantuan media edredo dan implementasi model discovery learning berbantuan media cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 36 peserta didik pada masing-masing kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II di SMAN 1 Majalaya. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penggunaan model discovery learning berbantuan media edredo berada pada kategori sangat baik dengan nilai 94% untuk guru dan 91% untuk peserta didik, sementara keterlaksanaan model discovery learning berbantuan media cetak berada pada kategori baik dengan skor 92% untuk guru dan 89% untuk peserta didik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen I memperoleh nilai N-gain sebesar 0,70, sedangkan kelas eksperimen II sebesar 0,55. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,044 (< 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan media pembelajaran edredo dibandingkan dengan yang hanya menggunakan model discovery learning berbantuan media cetak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning; Edredo; keterampilan berpikir kritis; media cetak; media pembelajaran; pembelajaran abad ke-21 |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yanto yanto |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 00:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 00:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |