Lisdiana, Linda (2025) Pengembangan PjBL-STREAM dalam pembuatan deterjen dari ekoenzim untuk meningkatkan literasi lingkungan dan kreativitas peserta didik pada materi kimia hijau. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Limbah rumah tangga masih menjadi jenis sampah terbanyak di Indonesia termasuk Kota Bandung menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar pada Tahun 2024. Oleh karena itu, permasalahan ini membutuhkan perhatian serius dari berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran IPA dalam penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics) berbasis proyek melalui pembuatan deterjen dari ekoenzim untuk meningkatkan literasi lingkungan dan kreativitas peserta didik pada materi kimia hijau. Penelitian dilakukan dengan model pengembangan 3D, melibatkan 24 peserta didik kelas X MA di Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran STREAM berbasis proyek telah dikembangkan secara komprehensif dan divalidasi oleh tiga ahli (ahli STEM/STREAM, ahli materi dan guru praktisi) dengan rata-rata nilai rhitung sebesar 0,72 termasuk dalam kategori layak. Proses pelaksanaan pembelajaran berjalan sangat baik dengan skor keterlaksanaan mencapai 97,46% dengan kategori terlaksana dengan sangat baik. Kreativitas peserta didik mencapai nilai rata-rata 91,29 dari empat aspek kreativitas (Person, Process, Press, Product) yang termasuk dalam kategori istimewa. Literasi lingkungan peserta didik juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,60 pada kategori sedang untuk aspek pengetahuan, keterampilan kognitif, sikap, dan tindakan. Pembelajaran STREAM berbasis proyek pembuatan deterjen dari ekoenzim berpengaruh dalam meningkatkan literasi lingkungan dan kreativitas peserta didik. Hasil ini sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai religius melalui prinsip halalan thayyiban yang memperkuat relevansi materi kimia hijau dengan kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | deterjen ramah lingkungan; ekoenzim; kimia hijau; project based learning (PjBL); STREAM |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Organization and Management of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry Ecology > Environmental Chemistry Technology of Industrial Chemicals > Organic Chemicals Technology of Other Organic Products > Agricultural Chemical |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Lisdiana Linda |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:41 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |