Salsabila, Putri Fitriyah (2025) Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (617kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis sebagai kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa dan didukung self-confidence sebagai kemampuan afektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran matematika. Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa. Tujuan dari penelit ian ini untuk mengetahui (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika siswa menggunakan model pembelajaran DDCT, (b) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran DDCT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran DDCT. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMPN 28 Bandung adalah sebagai berikut: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran DDCT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran DDCT menunjukkan sikap yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT); Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self-Confidence; Teorema Pythagoras |
Subjects: | Education, Research Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Fitriyah Salsabila |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 00:48 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |