Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Confidence siswa

Salsabila, Putri Fitriyah (2025) Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis sebagai kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa dan didukung self-confidence sebagai kemampuan afektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran matematika. Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa. Tujuan dari penelit ian ini untuk mengetahui (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika siswa menggunakan model pembelajaran DDCT, (b) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran DDCT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran DDCT. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMPN 28 Bandung adalah sebagai berikut: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran DDCT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran DDCT menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT); Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self-Confidence; Teorema Pythagoras
Subjects: Education, Research
Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Fitriyah Salsabila
Date Deposited: 19 Sep 2025 00:48
Last Modified: 19 Sep 2025 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120563

Actions (login required)

View Item View Item