Azzura, Denisya (2025) Kiprah angkatan Muda Masjid dan Musholla (AMM) Yogyakarta dalam penyebaran metode Iqro' di Pulau Jawa tahun 1990-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (319kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pada akhir 1980-an, muncul kegelisahan di kalangan pegiat pendidikan Al-Qur’an, khususnya KH. As’ad Humam dan Tim Tadarus Angkatan Muda Masjid dan Musholla (AMM) Yogyakarta, terhadap lemahnya kemampuan baca Al-Qur’an di masyarakat. Kebutuhan akan metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, sistematis, dan mudah dipahami oleh semua kalangan menjadi latar belakang penyusunan metode Iqro’. Penelitian ini dilakukan dengan berangkat dari dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana sejarah penyusunan metode Iqro’. Kedua bagaimana peran Angkatan Muda Masjid dan Musholla Yogyakarta dalam Penyebaran Metode Iqro’ di Pulau Jawa Tahun 1990-2023. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sejarah penyusunan metode Iqro’ dan untuk menganalisis peran Angkatan Muda Masjid dan Musholla Yogyakarta dalam penyebaran metode Iqro’ di pulau Jawa tahun 1990-2023. Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Metode ini terdapat 4 tahapan. Pertama, heuristik yaitu pengumpulan sumber sejarah yang dilakukan dengan mengumpulkan arsip, dokumen dan wawancara dengan pelaku sejarah yang terkait dengan penelitian. Kedua, kritik yaitu verifikasi sumber. Ketiga, interpretasi yakni penafsiran sumber. Keempat yakni historiografi. Hasil penelitian menunjukkan, metode Iqro’ mulai disusun sejak tahun 1950an sebagai respon atas kebutuhan akan alternatif pembelajaran Al-Qur’an yang lebih efektif dibandingkan dengan metode yang berkembang pada saat itu. Rentang tahun 1970an hingga tahun 1988, metode Qiroati sempat digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran di lingkungan TKA AMM Yogyakarta. Dari kegelisahan para pengajar dan kebutuhan praktis dalam proses belajar mengaji, pada tahun 1989 tersusunlah metode Iqro’ yang kemudian memperoleh hak cipta pada tahun 1990, sehingga dapat dicetak dan disebarluaskan secara legal. Angkatan Muda Masjid dan Musholla (AMM) Yogyakarta berperan penting dalam penyebaran metode Iqro’ di Pulau Jawa sejak tahun 1990 hingga tahun 2023. Strategi yang ditempuh meliputi pelatihan guru, menampilkan keteladanan, kerja sama dengan berbagai lembaga, serta pemanfaatan media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Iqro'; Kiprah; penyebaran |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Denisya Azzura |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:35 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |