Bimbingan Keagamaan untuk meningkatkan perkembangan emosi anak prasekolah

Maura, Puja Zaqiyah (2025) Bimbingan Keagamaan untuk meningkatkan perkembangan emosi anak prasekolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
1_COVER (1).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
2_ABSTRAK (1).pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Plagiairisme)
3_PLAGIARISME.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_Daftar Isi)
4_DAFTAR ISI (1).pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (5_Bab 1)
5_BAB I (1).pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (6_Bab II)
6_BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (7_Bab III)
7_BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (8_Bab IV)
8_BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (9_Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (10_Lampiran)
10_LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan emosi anak prasekolah sangat penting, namun kasus-kasus masalah emosi semakin meningkat. Studi ini meneliti peran bimbingan keagamaan di Shasa Aina Private Lesson dalam mengatasi tantangan ini, khususnya karena intervensi di lingkungan non-formal masih kurang diteliti. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan bimbingan keagamaan dan dampaknya pada perkembangan emosi anak prasekolah di lembaga tersebut. Sementara itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi perkembangan emosi anak prasekolah di shasa aina private lesson. untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan perkembangan emosi anak prasekolah di shasa aina private lesson. untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan dalam meningkatkan perkembangan emosi anak prasekolah di shasa aina private lesson. Selanjutnya, penelitian ini berdasarkan pada pendapat Arifin yang mengatakan bimbingan agama adalah usaha memberikan bantuan secara lahiriah maupun batiniah kepada individu terkait dengan masalah mental dan spiritual di masa sekarang atau di masa depan agar individu mampu mengatasi masalah sesuai dengan potensi yang dimilikinya melalui motivasi iman dan taqwa kepada Allah. Metode Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode observasi partisipatif dan wawancara semi-terstruktur terhadap guru dan empat anak prasekolah sebagai subjek penelitian. Data dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kalitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan di Shasa Aina Private Lesson mengimplementasikan metode yang terintegrasi dan disesuaikan dengan karakteristik anak prasekolah, meliputi metode pembiasaan, keteladanan, perumpamaan, candaan dan pendekatan emosional. Bimbingan keagamaan memberikan dampak positif pada perkembangan emosi anak, ditandai dengan peningkatan kemampuan regulasi emosi, ekspresi emosi, dan interaksi sosial, meskipun dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi antar anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Perkembangan Emosi anak; Anak Prasekolah.
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puja Zaqiyah Maura
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:33
Last Modified: 18 Sep 2025 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120616

Actions (login required)

View Item View Item