Madina, Fitra Nurul (2025) Penerapan metode pembelajaran kelompok pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII SMP Mekar Arum. Hal tersebut terlihat dari masih dominannya metode ceramah yang membuat siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Akibatnya, siswa cenderung menjadi penerima informasi pasif, jarang bertanya, dan kurang berani mengemukakan pendapat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya metode pembelajaran kelompok, yang diyakini mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui diskusi, kerja sama, dan tukar pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kelompok pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Mekar Arum, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya metode ini, serta menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes keterampilan berpikir kritis (pre-test dan post-test), serta dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran kelompok dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kelompok di kelas eksperimen terlaksana dengan baik, ditandai dengan partisipasi aktif siswa, peningkatan kemampuan mengemukakan argumen, serta suasana belajar yang lebih interaktif. Nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 82,93 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,18. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Mekar Arum
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Kelompok; Keterampilan Berpikir Kritis; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitra Nurul Madina |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |