Ali, Saif (2025) Aktivitas Marketing Public Relations BBQ Mountain Boys: Studi deskriptif kualitatif pada BMB Burger di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (422kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Persaingan kompetitor serta maraknya pekembangan industri F&B terkhusus pada kota bandung menajadikan aktivitas marketing public relations sebagai cara perusahaan dalam memasarkan produk. BMB Burger perusahaan F&B dengan bentuk restoran burger yang membawa citra “artisan burger” menjadikan aktivitas marketing public relations sebagai instrumen penting untuk memperkenalkan value perusahaan, meningkatkan dan mempertahankan citra perusahaan dengan tujuan mendapatkan kepercayaan positif dari publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas marketing public relations pada BMB Burger di Bandung. Penelitian ini menggunakan konsep PENCILS dikembangkan oleh Thomas L. Harris dengan fokus pada lima aktivitas utama, yaitu Publications (publikasi dan publisitas), News (Pemberitaan), Community Involvement (Keterlibatan komunitas), Inform or Image (Memberitahukan atau meraih citra), Lobbying and negotiation (Lobi dan negosiasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan BMB Burger melaksanakan aktivitas Marketing Public Relations dengan 5 elemen. Pertama, Publications yaitu publikasi gratis dan melakukan kerja sama dengan KOL dan influencer. Kedua, News yaitu pembuatan berita yang informatif dan penggunaan gaya bahasa yang mudah dimengerti audiens. Ketiga, Community Involvement melalui kegiatan barter dan berkolaborasi dengan komunitas lokal. Keempat, Inform or Image yaitu aktivitas penyampaian citra “artisan burger” serta melakukan penyesuaian terhadap identitas merek. Kelima, Lobbying and negotiation yaitu aktivitas untuk menjaga keberlanjutan rantai pasok serta membangun kesepakatan dengan pihak eksternal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations; BMB Burger; Konsep PENCILS; Citra Positif |
Subjects: | Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Communications Telemunications > Wireless Communications Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Saif ali |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:26 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |