Putri, Nisrinaa Husnia (2025) Muatan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam buku teks fisika di jenjang SMA. Sarjana thesis, UIN.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (535kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kajian yang mengkaji integrasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam buku teks Fisika di jenjang SMA/MA/sederajat, padahal buku ajar memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai keberlanjutan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi distribusi muatan SDGs dalam buku teks Fisika serta membandingkan penyajiannya dalam buku terbitan Kemendikbud, Erlangga, dan Yudhistira. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif, dibantu perangkat lunak NVivo dalam proses pengkodean dan visualisasi data. Data diperoleh dari buku Fisika kelas X, XI, dan XII Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi muatan SDGs belum merata dan cenderung terpusat pada tema energi, perubahan iklim, dan pendidikan berkualitas. Buku terbitan Kemendikbud menunjukkan cakupan SDGs yang relatif merata, sedangkan Erlangga menunjukan cakupan SDGs yang lebih terarah dan Yudhistira menunjukan cakupan SDGs yang paling dominan dan menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan buku ajar Fisika yang lebih eksplisit dan proporsional dalam mengintegrasikan nilai-nilai SDGs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SDGs; Buku Teks; Fisika; Analisis Isi; NVivo |
Subjects: | Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nisrinaa Husnia Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 15:51 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 15:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |