Muatan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam buku teks fisika di jenjang SMA

Putri, Nisrinaa Husnia (2025) Muatan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam buku teks fisika di jenjang SMA. Sarjana thesis, UIN.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kajian yang mengkaji integrasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam buku teks Fisika di jenjang SMA/MA/sederajat, padahal buku ajar memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai keberlanjutan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi distribusi muatan SDGs dalam buku teks Fisika serta membandingkan penyajiannya dalam buku terbitan Kemendikbud, Erlangga, dan Yudhistira. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif, dibantu perangkat lunak NVivo dalam proses pengkodean dan visualisasi data. Data diperoleh dari buku Fisika kelas X, XI, dan XII Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi muatan SDGs belum merata dan cenderung terpusat pada tema energi, perubahan iklim, dan pendidikan berkualitas. Buku terbitan Kemendikbud menunjukkan cakupan SDGs yang relatif merata, sedangkan Erlangga menunjukan cakupan SDGs yang lebih terarah dan Yudhistira menunjukan cakupan SDGs yang paling dominan dan menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan buku ajar Fisika yang lebih eksplisit dan proporsional dalam mengintegrasikan nilai-nilai SDGs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SDGs; Buku Teks; Fisika; Analisis Isi; NVivo
Subjects: Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nisrinaa Husnia Putri
Date Deposited: 18 Sep 2025 15:51
Last Modified: 18 Sep 2025 15:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120784

Actions (login required)

View Item View Item