Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) berbantu lumio terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan

Nadila, Nadila (2025) Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) berbantu lumio terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan aspek yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh model ARCS berbantu Lumio terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian menggunakan quasi experiment desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang melalui Purposive sampling terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian berindikator KBK (kelancaran, keluwesan, originalitas, dan merinci), dan angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru peneliti sebesar 97,46% dan siswa sebesar 94,33% kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen berkriteria sedang 0,60 dan kelas kontrol berkriteria sedang 0,30. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan model ARCS berbantu lumio terhadap peningkatan KBK dengan Sig. (0,000) < 0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Respon siswa kelas eskperimen sebesar 82,71% kriteria sangat baik, dan kelas kontrol sebesar 78,98% kriteria baik. Model ARCS berbantu Lumio berpengaruh positif terhadap peningkatan KBK siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; Model ARCS berbantu lumio; Perubahan Lingkungan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nadila Nadila Nadila
Date Deposited: 19 Sep 2025 03:16
Last Modified: 19 Sep 2025 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120852

Actions (login required)

View Item View Item