Aiman, Athif Fadhil (2025) Mananjemen pelayanan Prima PT. Shaff Berkah Tazkiya dalam meningkatkan kepuasan jemaah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Antusiasme masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah meningkat sehingga mendorong PPIU untuk memberikan layanan terbaik kepada Jemaah. Hal ini sejalan dengan tingginya ekspektasi Jemaah terkait pelayanan yang diberikan oleh PPIU. Seiring dengan itu, setiap perusahaan layanan umrah bersaing dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada Jemaah. Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini adalah Mengetahui Perencanaan pelayanan prima, Mengetahui proses penerapan pelayanan prima, dan Mengetahui evaluasimanajemen pelayanan prima di PT. Shaff Berkah Tazkiya dalam meningkatkan kepuasan jemaah. Pelayanan prima adalah konsep yang bertujuan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan atau masyarakat. Fokus utama teori ini adalah memastikan kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi secara memuaskan, bahkan melampaui ekspektasi mereka. Menurut Barata, pelayanan prima dilandasi konsep A6, yaitu Attitude (Sikap), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Ability (Kemampuan), Appearance (Penampilan), dan Accountability (Tanggung Jawab). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma fenomenologi yaitu pendekatan dalam memahami dan menyelidiki pengalaman subjektif individu terhadap suatu fenomena. Manajemen pelayanan prima di PT. Shaff Berkah Tazkiya dilaksanakan secara terstruktur dan konsisten melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, perusahaan merancang standar layanan berdasarkan prinsip A6 (attitude, attention, action, ability, appearance, accountability. Pelaksanaan pelayanan dilakukan dengan menerapkan sikap ramah, kemampuan teknis, dan penampilan yang profesional yang sesuai dengan standar operasional prosedur. Evaluasi pelayanan dilakukandengan menggunakan lima dimensi (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy). Manajemen pelayanan prima di PT. Shaff Berkah Tazkiya menunjukkan bahwa pelayanan yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh fasilitas atau teknis semata, tetapi juga oleh nilai spiritual, profesionalitas, dan sistem evaluasi yang berkelanjutan. Dengan menerapkan konsep A6 dan prinsip kepuasan pelanggan secara konsisten pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, PT. Shaff Berkah Tazkiya berhasil membentuk sistem pelayanan yang berorientasi pada kepuasan dan kenyamanan jemaah secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pelayanan Prima; Umrah; Kepuasan Jemaah; PPIU |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Athif Fadhil |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:23 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |