Fauzi, Muhammad Fahmi (2025) Pengaruh sarana dan prasarana laboratorium komputer terhadap kompetensi Literasi Digital siswa : Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi..pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftar pustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di era digital menuntut pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, seperti laboratorium komputer, perangkat yang lengkap, dan akses internet yang stabil. Keterbatasan fasilitas, perangkat yang rusak, atau koneksi internet yang tidak optimal dapat berdampak pada rendahnya kompetensi literasi digital siswa. Kondisi tersebut ditandai dengan kesulitan dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi digital, serta kurangnya keterampilan untuk menciptakan konten yang kreatif dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium komputer yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran; (2) mendeskripsikan kompetensi literasi digital siswa; dan (3) menganalisis pengaruh sarana dan prasarana laboratorium komputer terhadap kompetensi literasi digital siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui angket kepada 89 responden yang merupakan siswa di SMP Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 30. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui Pengaruh Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Terhadap Kompetensi Literasi Digital Siswa. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa sarana dan prasarana laboratorium komputer berpengaruh positif terhadap kompetensi literasi digital siswa, dengan nilai konstanta sebesar 0,932 dan koefisien regresi 0,618. Uji parsial (uji t) menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan thitung 12,371 > ttabel 1,987, yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,638 menunjukkan bahwa 63,8% variasi kompetensi literasi digital dapat dijelaskan oleh sarana dan prasarana laboratorium komputer, sementara sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer; Kompetensi Literasi Digital; Pengaruh |
Subjects: | Data Processing, Computer Science Data Processing, Computer Science > Computer Management General Management > Philosophy and Theory of Management General Management > Organizations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Fahmi Fauzi |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 02:44 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |