Pengaruh sarana dan prasarana laboratorium komputer terhadap kompetensi Literasi Digital siswa : Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang

Fauzi, Muhammad Fahmi (2025) Pengaruh sarana dan prasarana laboratorium komputer terhadap kompetensi Literasi Digital siswa : Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi..pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di era digital menuntut pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, seperti laboratorium komputer, perangkat yang lengkap, dan akses internet yang stabil. Keterbatasan fasilitas, perangkat yang rusak, atau koneksi internet yang tidak optimal dapat berdampak pada rendahnya kompetensi literasi digital siswa. Kondisi tersebut ditandai dengan kesulitan dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi digital, serta kurangnya keterampilan untuk menciptakan konten yang kreatif dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium komputer yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran; (2) mendeskripsikan kompetensi literasi digital siswa; dan (3) menganalisis pengaruh sarana dan prasarana laboratorium komputer terhadap kompetensi literasi digital siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui angket kepada 89 responden yang merupakan siswa di SMP Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 30. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui Pengaruh Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Terhadap Kompetensi Literasi Digital Siswa. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa sarana dan prasarana laboratorium komputer berpengaruh positif terhadap kompetensi literasi digital siswa, dengan nilai konstanta sebesar 0,932 dan koefisien regresi 0,618. Uji parsial (uji t) menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan thitung 12,371 > ttabel 1,987, yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,638 menunjukkan bahwa 63,8% variasi kompetensi literasi digital dapat dijelaskan oleh sarana dan prasarana laboratorium komputer, sementara sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer; Kompetensi Literasi Digital; Pengaruh
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer Management
General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Fahmi Fauzi
Date Deposited: 20 Sep 2025 02:44
Last Modified: 20 Sep 2025 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120979

Actions (login required)

View Item View Item