Zubaidi, Fahmi Syah (2025) Penerapan model pembelajaran active knowledge sharing (AKS) berbantuan game sporcle untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan Self-Regulated Learning matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiarisme.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMK sering kali belum optimal dalam mengembangkan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Kondisi ini menuntut adanya strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. Penelitian ini menawarkan solusi melalui penerapan model Active Knowledge Sharing (AKS) berbantuan media kuis daring Sporcle yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan, partisipasi, serta pemahaman konsep matematika. Secara umum, penelitian ini merumuskan masalah mengenai efektivitas AKS berbantuan Sporcle dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMK, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling hingga diperoleh tiga kelas, yakni dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model AKS berbantuan Sporcle secara signifikan lebih efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Keunggulan penelitian ini terletak pada pengintegrasian strategi berbagi pengetahuan dengan media digital interaktif yang mudah diakses, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang lebih kolaboratif, menyenangkan, dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Knowledge Sharing (AKS); game sporcle; kemampuan komunikasi; Self-Regulated Learning; matematika. |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahmi Syah Zubaidi |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |