Pembelajaran berbasis proyek simulasi hujan asam menggunakan Arduino untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital peserta didik pada materi pencemaran udara

Arpan, Asep Khaidir (2025) Pembelajaran berbasis proyek simulasi hujan asam menggunakan Arduino untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital peserta didik pada materi pencemaran udara. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa, namun pemanfaatan teknologi sederhana seperti Arduino masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran berbasis proyek simulasi hujan asam menggunakan Arduino pada materi pencemaran udara. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori sangat baik, baik dari aktivitas guru maupun peserta didik. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai N-Gain sebesar 0,55, dan literasi digital kelas eksperimen sebesar 59,23 pada kategori sedang. Hasil Uji-t menunjukkan hubungan positif antara keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital dengan nilai korelasi sebesar 0,358. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Arduino; berpikir kreatif; hujan asam; literasi digital; pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Natural Science
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Asep Khaidir Arpan
Date Deposited: 21 Sep 2025 12:43
Last Modified: 21 Sep 2025 12:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121061

Actions (login required)

View Item View Item