Zahra, Hanifa Humaira (2025) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP FK Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Di SMP FK Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung, dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP, guru telah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) secara cukup intensif. Model ini dilaksanakan melalui sejumlah tahapan yang sesuai dengan sintaks model pembelajaran PjBL. Namun, pada praktiknya masih ditemukan variasi dalam keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dalam bentuk proyek, sehingga diperlukan kajian objektif mengenai bagaimana respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran ini serta hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran PAI-BP di kelas VIII SMP FK Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung; 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP; 3) Hubungan antara respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini merujuk pada teori yang menekankan bahwa pembelajaran bermakna terjadi melalui interaksi sosial dan pengalaman langsung. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi dengan 37 siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan tes pilihan ganda, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif, korelasi Pearson, dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran PAI-BP di kelas VIII SMP FK Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung tergolong positif dengan skor rata-rata 3,7 (kategori tinggi), yang tercermin dari keterlibatan aktif, refleksi, kolaborasi, dan penerapan nilai-nilai PAI dalam kehidupan nyata; 2) Hasil belajar kognitif siswa juga tinggi, dengan nilai rata-rata 87,93 yang menunjukkan sebagian besar siswa telah mencapai ketuntasan belajar; 2) Analisis korelasi menunjukkan hubungan yang kuat antara respons siswa terhadap PjBL dan hasil belajar kognitif dengan koefisien korelasi 0,710 dan nilai R² sebesar 0,502, yang berarti 50,2% variasi hasil belajar dipengaruhi oleh respons siswa, sementara sisanya 49,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respons siswa; Project Based Learning (PjBL); Hasil belajar kognitif; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Education > Psychology of Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanifa Humaira Zahra |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |