Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk di IKEA : Studi pada konsumen IKEA Kota Baru Parahyangan

Lubis, Devin Anugrah Asyhari (2025) Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk di IKEA : Studi pada konsumen IKEA Kota Baru Parahyangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran berkelanjutan seperti green marketing serta membentuk brand image yang positif di mata konsumen. IKEA sebagai salah satu perusahaan ritel global telah menerapkan strategi green marketing dalam aktivitas pemasarannya sekaligus membangun brand image yang kuat untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk IKEA, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen IKEA Kota Baru Parahyangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), simultan (uji F), serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 2,534 + 0,304X1 + 0,289X2. Variabel green marketing (X1) memperoleh nilai thitung 5,281 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan brand image (X2) memperoleh nilai thitung 5,749 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, green marketing dan brand image terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 86,027 > Ftabel 3,090 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh sebesar 63,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguatan strategi green marketing dan brand image menjadi faktor penting dalam mendorong keputusan pembelian konsumen di IKEA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manajemen Pemasaran; Green Marketing; Brand Image; Keputusan Pembelian; IKEA
Subjects: General Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Data Processing and Analysis of Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Devin Anugrah Asyhari Lubis
Date Deposited: 20 Sep 2025 05:39
Last Modified: 20 Sep 2025 05:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121124

Actions (login required)

View Item View Item